Sabtu, 13 Januari 2018

7 Keajaiban Dunia Yang Saat Ini Diakui Dunia

7 Keajaiban Dunia Yang Saat Ini Diakui Dunia


Tujuhsejarahdunia - Candi Borobudur yang dari dahulu masuk 7 Keajaiban Dunia adalah candi budha sebagai satu diantara warisan budaya Indonesia. Candi Borobudur telah di kenal di semua dunia. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO sudah mengambil keputusan candi Borobudur jadi satu diantara warisan dunia. Candi ini terdapat di desa Borobudur Kota Magelang Propinsi Jawa Timur, lebih kurang 100 km di samping barat daya Semarang, 86 km di samping barat Surakarta, serta 40 km di samping barat laut Yogyakarta

Candi Borobudur banyak dikunjungi oleh turis yang datang dari dalam serta luar negeri karna bangunannya yang megah serta detil arsitektunya yang unik. Candi ini dibuat oleh satu diantara raja kerajaan Mataram Kuno yang bernama Raja Samaratungga. Kata Borobudur datang dari kata bara serta budur. Bara dari bhs Sansekerta yang berarti kompleks candi atau biara. Sedang budur datang dari kata beduhur yang berarti diatas, jadi Borobudur berarti biara diatas bukit. Sebagian sumber yang beda mengartikan Borobudur jadi satu gunung yang berteras-teras (budhara) serta ada pula yang menyebutkan Borobudur jadi biara yang terdapat ditempat tinggi.

Candi Borobudur berupa stupa dengan enam teras berupa bujur sangkar yang diatasnya ada tiga pelataran yang melingkar serta satu tingkat teratas berbentuk stupa Budha yang menghadap kearah barat. Candi Budha ini memiliki 1460 relief serta 504 stupa Budha di kompleksnya. Stupa paling utama paling besar terdapat di dalam serta dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya ada arca Budha tengah duduk bersila dalam tempat teratai prima dengan Mudra (sikap tangan) Dharmachakra Mudra (memutar roda dharma).

2. Pulau Komodo di Indonesia 


Pulau komodo adalah satu pulau yang yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo jadi satu diantara lokasi Taman Nasional Komodo yang ada di tengahnya pulau Sumbawa serta pulau Flores. Pulau Komodo masuk dalam Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. Pulau ini tempati batas paling barat dari propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sekalian bersebelahan dengan Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO sudah mengaku pulau Komodo jadi website warisan dunia pada th. 1986. Pulau Komodo termasuk juga dalam 28 finalis yang diambil oleh satu panel pakar dari 77 nominasi. Terlebih dulu ada 261 tempat didunia yang dicalonkan jadi satu diantara tujuh keajaiban dunia.

Sesuai sama namanya pulau komodo banyak dihuni oleh hewan komodo yang bisa hidup serta berkembang biak dengan baik. Bukan sekedar itu, ada juga pemandangan savana serta panorama bawah laut yang jadikan jadi tempat wisata. Di

pulau komodo juga ada banyak flora yang eksotis, beragam type kayu sepang yang dipakai warga sekitaran jadi obat serta pewarna baju, serta pohon nitak (Sterculia Oblongata) yang bijinya gurih serta enak seperti kacang polong, pohon ini dipercaya jadi tanaman obat. Hal nilah yang jadikan Pulau komodo banyak dikunjungi turis dari dalam serta luar negeri.

3. Taj Mahal di India 


Taj Mahal adalah monumen yang terdapat di Agra, India. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO sudah mengaku Taj Mahal jadi 7 monumen dunia atau website warisan dunia.

Taj Mahal dibuat atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan bin Jahangir jadi mausoleum (kuburan) untuk istrinya, Ratu Arjumand Banu Begum atau Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani. Taj Mahal dibuat oleh seseorang arsitek yang bernama Ustad Ahmad Lahauri dengan style arsitektur mughal. Lama sistem pembangunannya sekitaran 22 th. (1630 – 1653).

Pada saat pemerintahannya, Kaisar Mughal Shah Jahan bin Jahangir memiliki kekayaan yang tidak terhitung. Hingga jadi bentuk cinta pada istrinya yang yang meninggal dunia saat melahirkan putrinya yang bernama Gauhara Begum dibangunlah Taj Mahal ini.

4. Piramida di Mesir 


Piramida Mesir adalah kompleks piramida yang terdapat di Giza, diluar Kairo, Mesir. Sekitaran 8 km ke padang pasir dari kota tua Giza di Nil, sekitaran 25 km. samping barat laut pusat kota kairo. Piramida dipakai jadi makam raja – raja mesir kono. Raja yang populer serta dimakamkan di Piramida itu bernama Firaun. Piramida dibuat dengan saat sekitaran dua puluh th. serta mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak. Ketika pembangunan Piramida itu, banyak pekerja sebagai korban.

5. Tembok Besar Cina 


Tembok Besar Cina umum dimaksud Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Tiongkok atau Tembok Raksasa Tiongkok. Pada Th. 1987 United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization yang disingkat UNESCO sudah mengambil keputusan Tembok Raksasa Cina jadi website warisan dunia.

Tembok Raksasa Cina yaitu tembok terpanjang yang sempat dibuat oleh manusia. Awalannya tembok ini dibuat dengan maksud jadi pertahanan dalam bagian militer yang menghambat musuh dari bagian sisi utara. Pada tanggal 18 April 2009, pemerintah Republik Rakyat Cina menginformasikan kalau tembok raksasa yang dikonstruksikan pada periode Dinasti Ming panjangnya yakni 8. 851 km. Dinding –

dindingnya dibangun pada th. 220 sebelumnya masehi. Pembangunan tembok ini usai pada saat kaisar Dinasti Ming (1368 – 1644).

6. Christ Redeemer (Patung Kristus Penebus) di Brazil 


Christ Redeemer (Patung Kristus Penebus) masuk dalam daftar keajaiban dunia 2015. Bangunan ini terdapat di Taman Nasional Rimba Tijuca di Rio de Janeiro, Brazil. Patung ini dibuat dengan style arsitektur Art de Janeiro. Patung ini memiliki tinggi 38 mtr. serta terdapat dipuncak Gunung Corcovado yang tingginya 710 mtr. di Taman Nasional Rimba Tijuca, yang menghadap kota. Patung ini jadi lambang umat Kristen.

7. Petra di Yordania 


Tanggal 7 Juli 2007 berada di Lisbon, Portugal. Petra sudah diputuskan jadi satu diantara 7 keajaiban dunia. Penetapan ini adalah pilihan dari 100 juta orang di semua dunia lewat website internet, handphone serta pesan singkat (SMS) yang diselenggarakan oleh Swiss Foundation. Sedang pada tanggal 6 Desember 1985, UNESCO mengambil keputusan Petra jadi satu diantara website warisan dunia.

Petra datang dari bhs Yunani yang berarti “batu”. Petra adalah satu diantara peninggalan kota kuno yang hilang. Petra dibuat dengan memahat dinding - dinding batu yang memiliki ukuran besar. Petra terdapat ditengahnya pada Teluk Aqaba serta Laut Mati di ketinggian lebih kurang 800 sampai 1. 396 mtr. di atas permukaan laut, di satu lembah dari satu pegunungan Edom, samping timur dari lembah Arabah. Sekarang ini ia terdapat lebih kurang 200 km arah selatan dari ibu kota Yordania, Amman yang bisa ditempuh kurun waktu 3 jam dengan berkendaraan mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar