Minggu, 14 Januari 2018

7 Keajaiban Alam Yang Ada Di Indonesia

7 Keajaiban Alam Yang Ada Di Indonesia



Tujuhsejarahdunia - Lepas dari keindahan alam yang prima, Indonesia juga miliki keajaiban alam yang menarik. Ada fosil penyu didalam gua, danau tiga warna, sampai pemandian air panas di pantai. Berikut 7 keajaibannya!

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda dapatkan waktu traveling ke alam Indonesia. Udara sejuk, rimba hijau, atau lautan biru jadi suguhan intinya. Diluar itu, keajaiban-keajaiban alam juga jadi daya tarik sendiri.

Walau untuk lihat keajaiban itu tidak gampang, tidak sedikit traveler yang berupaya untuk menengoknya dari dekat. Terkecuali pulau komodo.

1. Ubur-ubur yg tidak menyengat, Danau Kakaban, Kaltim 


keajaiban dari Danau Kakaban ini yaitu ada ubur-ubur yg tidak menyengat yang tinggal dibawah airnya. Ajaibnya, ubur-ubur begini cuma ada di dua tempat didunia, yakni di Danau Kakaban serta Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di lokasi tenggara Laut Pasifik. Anda dapat berenang serta menyelam ke basic danaunya untuk berjumpa ubur-ubur unik ini.

Pulau Kakaban yaitu satu diantara keseluruhan 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Danau Kakaban di pulau ini diklaim jadi danau ubur-ubur paling besar didunia. Penyebabnya, ada 4 type ubur-ubur di danau ini, yakni ubur-ubur bln., ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, serta ubur-ubur terbalik. Sedang Jellyfish Lake di Palau cuma mempunyai dua type ubur-ubur saja. Wow!

Danau Kakaban sendiri mempunyai struktur yang unik. Danau ini terjadi karena karang yang naik diatas permukaan laut dengan ketinggian sampai 50 mtr.. Lalu, karang ini buat beberapa air terjebak, serta terjadilah danau.


2. Garam diatas gunung, Gunung Krayan, Kaltim 


Masih tetap di Kalimantan timur, satu sekali lagi keajaiban disini yaitu ada garam diatas gunung. Garam itu ada dalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari laut pada ketinggian 2. 400 mdpl. Ajaib!

Garam gunung yang dibuat di Krayan mempunyai tampilan yang sama juga dengan garam laut, yakni seperti pasir serta berwarna putih. Namun, nyatanya garam gunung mempunyai kandungan yodium yang lebih tinggi di banding garam laut lho!

Sistem pembuatan garam ini juga berlainan dengan garam laut. Bahan basic berbentuk air sumur di Desa Long Midang, di rebus satu malam sampai air jadi kering. Sesudah kering, tertinggalkan butiran kristal yang disebut garam basah lantas garam basah ini dimasukkan kedalam batang bambu serta dibakar sampai bambu habis terbakar api. Sisa bakaran berikut yang disebut garam kering yang lalu dibungkus daun serta siap di jual.

3. Fosil penyu serta batu karang, Gua Batu Cermin, Manggarai Barat, NTT 


Terkecuali komodo, Gua Batu Cermin adalah keajaiban dari NTT. Penyebabnya, didalam gua ini ada gugusan batu karang serta fosil penyu pada dinding guanya. Gua Batu Cermin ada di Kampung Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, NTT.

Untuk lihat keajaiban ini, Anda mesti menelusuri gua selama beberapa ratus mtr.. Diluar itu, kemilau staklatit serta staglagmit di gua ini unik. Tidak heran, gua ini senantiasa jadi agenda harus waktu bertandang ke Flores.

Fosil penyunya bisa Anda saksikan dengan memakai senter karna gelapnya situasi didalam gua. Gugusan batu karang juga tampak terang, seperti batu karang yang berada di bawah lautan. Oleh karenanya, batu-batu karang serta penyu yang semestinya ada dibawah lautan, kenapa dapat ada didalam gua diatas daratan? Berikut sinyal bertanya besar sekalian jadi keajaiban alam.


4. Pasir pantai merah muda, Pulau Komodo, NTT 


Bila pantai umumnya berpasir putih atau hitam, jadi pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink. Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Pantai ini letaknya berada di balik bukit, hingga sepi serta terpencil. Air laut di sekitaran pantainya begitu biru jernih serta menggoda untuk diving atau snorkeling.

Warna pink di pantai ini juga akan tampak lebih pekat di banding pasir yang masih tetap kering. Warna pinknya adalah komposisi dari koral, pecahan kerang serta kalsium karbonat dari biota laut yang berada di sana.

Anda dapat menuju Pink Beach dari Labuan Bajo. Bersantai di pantai berenang di lautan, atau sebatas berfoto-foto di pantai yang disebut satu diantara keajaiban Indonesia ini juga akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan.

5. Danau tiga warna, Ende, NTT 


Satu sekali lagi keajaiban dari Flores, yakni Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna. Hitam, biru tua, serta biru, yaitu tiga warna dari danau ini yang terdapat di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT. Tidak cuma wisatawan dalam negeri saja, danau ini telah memesona sampai ke traveler mancanegara.

Keajaiban dari ke-3 danau ini yaitu bisa beralih warna. Apabila mujur, Anda bisa lihat beberapa warna yang beralih warna, seperti warna merah jadi hijau, dari hijau muda jadi hijau keputih-putihan, serta yang lain. Hal semacam ini dikarenakan oleh aspek kandungan mineral, lumut serta batu-batuan didalam kawah dan dampak sinar Matahari.

Diluar itu, orang-orang sekitaran yakin kalau perubahan warna itu memiliki kandungan 'pesan' sendiri. Walau sekian, perjalanan menuju ke Danau kelimutu tidak gampang. Anda mesti jalan selama 3 km. serta melalui 236 anak tangga untuk menjangkau Puncak Kelimutu. Dari sinilah, ada keindahan serta keajaiban alam yang begitu menarik.

6. Air panas di tepi pantai, Tidore 


Pemandian air panas di kolam atau gunung, telah umum. Walau demikian, di Pantai Akesahu, Tidore, Maluku Utara, ada pemandian air panas di tepi pantai. Betul-betul di tepi pantai serta dimuka Anda yaitu lautan. Ajaib!

Air panas Akesahu terdapat sekitaran 30 menit dari dari Pelabuhan Rum, pelabuhan paling utama di Tidore. Ajaibnya, meskipun terdapat di tepi pantai, air panas ini rasa-rasanya tawar. Ditambah dengan pohon-pohon teduh serta pasir pantai yang halus, mandi air panas ditempat ini betul-betul berlainan dari umumnya.

Air panas ini datang dari sumber air panas yang terdapat di dekat pantai. Merendamkan diri di air panasnya sembari nikmati situasi pantai sangat mengasyikkan. Cukup hanya cost Rp 2. 000 saja, Anda bisa nikmati keajaiban alam ini.


7. Pasir putih di bukit Lembah Baliem, Papua 


Bila sampai kini Anda menggangap pasir putih cuma berada di pantai saja, jadi datanglah ke Desa Aikima di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Disana ada pasir putih yang ada diatas bukit serta berjarak beberapa ratus km. dari pantai. Wow!

Anda mesti mendaki bukit untuk lihat pasir putihnya dari dekat. Dari terlalu jauh saja, hamparan pasir putihnya telah tampak terang. Warnanya mencolok dengan latar gunung hijau serta langit yang biru. Pasir itu seolah mengalir dari atas bukit. Putih serta bersih, memantulkan sinar matahari sampai terlihat bak kristal.

Berdasar pada sains, pasir putih ini ada karna bentukan alam. Dahulu, Lembah Baliem yaitu satu danau raksasa bernama Wio. Sekitaran th. 1813, berlangsung gempa yang mengakibatkan pergeseran serta perubahan geologi. Dari situ terjadi juga Sungai Baliem yang meliuk di dalam lembah ini. Konon, pasir putih Desa Aikima yaitu satu diantara bagian danau purba itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar